Rabu, 07 September 2011

Sruktur envelope bakteri

Berdasarkan struktur envelopenya, bakteri dibagi menjadi 2 golongan yaitu bakteri gram positif dan bakteri gram negatif.
Gambar di bawah menujukkan perbedaan dan persamaan komponen penyusun sel bakteri gram positif dengan bakteri gram negatif.
  • Gram positif (+) : Bakteri golongan ini memiliki envelope yang tersusun dari 2 bagian, yaitu membran sel (phospolipid) dan dinding sel. Dinding selnya lebih tebal yang terdiri atas peptidoglikan, asam teikoat, dan asam lipoteikoat (LTA).
  • Gram negatif (-) : Bakteri golongan ini memiliki envelope yang tersusun dari 2 membran (membran dalam dan membran luar) yang dipisahkan oleh sebuah ruang yang disebut ruang periplasma. Membran luar tersusun atas membran bagian dalam (pospolipid) dan bagian luar (lipopolisakarida/LPS). Dinding sel bakteri gram negatif lebih tipis dibanding pada bakteri gram negatif karena tidak dilengkapi dengan asam teikoat dan asam lipoteikoat, hanya peptidoglikan saja.Struktur sel bakteri gram negatif juga dilengkapi dengan pori-pori khusus, yang biasa disebut dengan porin.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar